Renstra Perkimtan Tanbu

 

PEMERINTAH KABUPATEN TANAH BUMBU

DINAS PERUMAHAN PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN

 

RENSTRA

TAHUN 2016-2021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JL.Dharma Praja No. 07 Kelurahan Gunung Tinggi Kec. Batulicin

Kode Post. 72171

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT dimana berkat Rahmat serta KaruniaNya jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Dinas Perumahan, Permukiman dan PertanahanTahun 2016-2021,ini merupakan penjabaran dari RencanaPembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tanah Bumbu Tahun  2016-2021 yang memuat Tujuan dan Sasaran serta Program dan Kegiatan pembangunan SKPD Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbuselama kurun waktu 5 (lima) Tahun Anggaran.

Adapun maksud penyusunan Rencana Strategis ini sebagai acuan dan pedoman SKPD Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahandalam melaksanakan tugas pembangunan sesuai tugas pokok dan fungsinya gunapenentuan langkah kebijakan dan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran SKPD Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan yang selaras dengan Visi dan Misi Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2016-2021.

Kami menyadari bahwa dalam penyajiannya, Dokumen Renstra ini masih banyak terdapat kekurangan, hal ini dikarenakan mengingat masih terbatasnya pengetahuan dan kemampuan kami dalam menyusun Dokumen yang sempurna dan baik serta dapat langsung diterima oleh semua pihak. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan dan akan kami terima dimana kesemuanya ini adalah demi kebaikan Kabupaten Tanah Bumbu khususnya Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan  dimasa mendatang.

Harapan kami semoga Dokumen kami ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk mempedomani kegiatan-kegiatan kami baik diwaktu sekarang maupun dimasa mendatang agar pencapaian hasil kerja yang optimal dapat diwujudkan, dan taklupa ucapkan terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah terlibat baik secara langsung ataupun tidak langsung membantu kami sehingga tersusunnya Renstra Tahun Anggaran 2016-2021 ini, dan semoga Dokumen ini dapat bermanfaat bagi siapapun juga khususnya untuk kemajuan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

 

Batulicin, 2019

KEPALA DINAS

 

                                                                                                                           MAHRIYADI NOOR, S.Sos., MA

Pembina utama muda                                                                                                                          Nip. 19660118 198602 1 003

 

DAFTAR ISI

 

                                                                                                                                                                                                   Hal

KATA PENGANTAR —————————————————————————————————————-             i

DAFTAR ISI —————————————————————————————————————————-            ii

DAFTAR TABEL ———————————————————————————————————————           iv

 

BAB                I   PENDAHULUAN

  • Latar Belakang ——————————————————————————————- 1
  • Landasan Hukum —————————————————————————————- 2
  • Maksud dan Tujuan ————————————————————————————- 4
  • Sitematika Penulisan ———————————————————————————– 5

 

BAB               II   GAMBARAN PELAYANAN SKPD

2

2.1      Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi SKPD—————————————————           7

2.2      Sumber Daya SKPD————————————————————————————-         12

2.3      Kinerja Pelayanan SKPD——————————————————————————-         14

2.4      Tantangan Pengembangan Pelayanan SKPD—————————————————         18

2.5      Peluang Pengembangan Pelayanan SKPD ———————————————————    19

 

BAB              III   PERMASALAHAN DAN ISU-ISU STRATEGIS SKPD

    • Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tugas dan——————————————– 20
      • Fungsi Pelayanan SKPD
    • Telaahan Visi, Misi dan Program Kepala Daerah dan —————————————- 22
      • Wakil Kepala Daerah Terpilih
    • Telaahan Renstra Kementerian dan Renstra —————————————————- 23
      • Provinsi
    • Telaahan Rencana Tata Ruang Wilayah dan Kajian —————————————– 23
      • Lingkungan Hidup Strategis
    • Penentuan Isu-Isu Strategis————————————————————————— 24

 

BAB              IV   TUJUAN DAN SASARAN SKPD

    • Tujuan dan sasaran Jangka Menengah SKPD —————————————————-   25

 

BAB               V   STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

    • Strategi dan Arah Kebijakan SKPD—————————————————————— 28

 

BAB              VI   RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN SERTA PENDANAAN

    • Program dan Kegiatan———————————————————————————- 32

BAB             VII   KINERJA PENYELENGGARAAN BIDANG URUSAN

    • Indikator Kinerja——————————————————————————————- 51

BAB            VIII   PENUTUP   ———————————————————————————————————     54

 

LAMPIRAN – LAMPIRAN


DAFTAR GAMBAR/TABEL

 

Gambar/Tabel                                                                                                                                                                         Hal

Gambar 1             Struktur Organisasi ——————————————————————————————         11

Tabel 2.1              DataJumlah Pegawai CPNS/PNS————————————————————————         12

Tabel 2.2              Data Jumlah Pegawai Non PNS————————————————————————–         12

Tabel 2.3              Data Aset SKPD———————————————————————————————–         13

Tabel 2.4              Data Pencapaian Kinerja pelayanan SKPD———————————————————–         15

Tabel 2.5              Data Anggaran dan Realisasi Pendanaan SKPD—————————————————         17

Tabel 3.1               Data Pemetaan Permasalahan untuk Penentuan Prioritas dan Sasaran

Pembangunan Daerah————————————————————————————–         20

Tabel 4.1              Data tujuan dan sasaran jangka menengah pelayanan SKPD ———————————  26

Tabel 5.1              Data Tujuan, Sasaran, Strategi, dan Kebijakan—————————————————— 29

Tabel 6.1              Data Rencana Program, Kegiatan, dan Pendanaan———————————————— 34

Tabel 7.1              Indikator Kinerja SKPD yang mengacu pada tujuan dan sasaran RPJMD——————-         53

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

  • Latar belakang

Rencana strategis satuan perangkat Daerah merupakan suatu dokumen Perencanaan 5 tahunan yang wajib disusun sebagai pedoman dalam Penetapan Tujuan, Sasaran yang dilaksanakan melalui rencana Program dan Kegiatan SKPD dengan berdasar pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan tetap menselaraskan pada Renstra K/L dan Renstra Propinsi selanjutnya akan dijabarkan dalam rencana kerja tahunan SKPD. dimana pada hakekatnya SKPD untuk dapat mewujudkan Visi dan Misi Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah terpilih sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya

Renstra mempunyai fungsi sebagai arah pembangunan SKPD untuk mencapai tujuan sehingga akan mudah mengevaluasi kinerja SKPD Memudahkan melakukan control terhadap semua aktivitas baik yang  sedang berjalan maupun yang akan datang, Dapat mengukur outcome(hasil) yang harus dicapai, Dapat dijadikan sebagai sarana untuk meminimalisir resiko dan mengoptimalkan hasil yang akan   dicapai dan sebagai  alat untuk mengukur kemajuan  pelaksanaan tugas, Menjadi alat/ media untuk berkoordinasi dengan pihak lain Mempermudah pencapain target, strategis dan penggunaan sumber daya.

 

1.2     Landasan hukum                             

Sedangkan dasar hukum dalam Penyusunan Rencana Strategis Dinas Perumahan, Permukiman dan PertanahanKabupaten Tanah Bumbu ini adalah sebagai berikut:

  1. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan di Propinsi Kalimantan Selatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 22, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 4265);
  2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 104,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4421);
  3. Undang-Undang Nomor 01Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5188);
  4. Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5679);
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyusunan Dan PenerapanStandar Pelayanan Minimal (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 150, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4585);
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 114, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5887);
  7. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2007 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Dan PenetapanStandar Pelayanan Minimal
  8. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2017 tentang tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah;
  9. Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 16 Tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2006-2025;
  10. Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 17Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2016-2021;
  11. Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah;
  12. Peraturan Bupati Tanah Bumbu Nomor 13Tahun 2017tentang Tugas, Fungsi, Uraian tugas dan tata Kerja unusur-unsur organisasi Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan;

 

 

  • Maksud dan tujuan

Adapun maksud disusunnya Renstra SKPD adalah agar SKPD dapat menerjemahkan, mengoperasionalkan, dan mengimplementasikan Visi, Misi dan Agenda KDH, tujuan Daerah, strategi dan kebijakan Daerah, serta capaian program RPJMD sesuai dengan kewenangan dan tugas pokoknya. Sehingga Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu dalam menyusun Renstra SKPD Tahun 2016-2021harus mampu menjadi Dokumen Perencanaan yang notabenenya adalah tolak ukur dalam menjalankan tugas dan fungsi SKPD menentukan arah dan tujuan pelaksanaan pembangunan daerah selama periode 2016-2021.

Sedangkan rumusan tujuan yang ingin dicapai Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan dalam penyusunan Renstra ini secara singkat dapat digambarkan sebagai berikut :

  • Sebagai wujud penjabaran RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2016-2021pada ruang lingkup urusan Perumahan, Permukiman dan Pertanahan;
  • Sebagai sarana dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi SKPD yang disusun dalam bentuk program/kegiatan SKPD yang diselaraskan dengan prioritaspembangunan daerah dan tentunya wajib memperhatikan kondisi keuangandaerah;
  • Sebagai pedoman/acuan dalam mengukur keberhasilan program/kegiatan SKPD yang dijalankan selama jangka waktu perencanaan 5 (lima) tahunan, yang diturunkan melalui Renja Tahunan.

 

  • Sistematika penulisan

Sistematika penulisan Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan 2016-2021 ini terdiri dari 7 (tujuh ) bagian yaitu

BAB I               Pendahuluan

Pendahuluan berisi penjelasan tentang latar belakang, Dasar Hukum, maksud dan Tujuan, serta sistematika penulisan

 

BAB II              Gambaran Pelayanan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

Gambaran pelayanan ini memuat hal-hal berikut, diantaranya Tugas, Fungsi, dan Struktur Organisasi, Sumber Daya, Kinerja Pelayanan, serta Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan.

 

BAB III             Permasalahan Dan Isu-Isu Strategis Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

Pada Bab ini diuraikan secara singkat tentang Identifikasi permasalahan berdasarkan tugas dan fungsi pelayanan SKPD, Telaahan visi, misi dan program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Telaahan Renstra Kementerian serta Renstra Dinas Provinsi Kalimantan Selatan, Telaahan rencana tata ruang wilayah dan kajian lingkungan hidup strategis, serta Penentuan isu-isu strategis.

 

BAB IV             Tujuan Dan Sasaran

Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Renstra Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan mengemukakan rumusan pernyataan tujuan dan sasaran jangka menengah yang disusun oleh Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan.

 

BAB V              Strategi dan Arah Kebijakan

Pada bagian ini dikemukakan rumusan pernyataan strategi dan arah kebijakan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan selama 5 (lima) tahun mendatang melalui penyajian Tabel Tujuan, Sasaran, Strategi, dan Kebijakan

 

BAB VI             Rencana program dan kegiatan, serta pendanaan

Bab ini mengemukakan rencana program dan kegiatan, indikator kinerja, kelompok sasaran, dan pendanaan indikatif

 

BAB VII            Kinerja Penyelenggaraan Bidang Urusan

Mengemukakan indikator kinerja Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan yang secara langsung menunjukkan kinerja yang akan dicapai dalam 5 (lima) tahun mendatang sebagai komitmen untuk mendukung pencapaian tujuan dan sasaran RPJMD.

 

BAB VIII           Penutup

Berisikan kesimpulan secara garis besar dan saran-saran yang mungkin dibutuhkan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan dalam menjalankan Kewenangan, Tugas Pokok dan Fungsinya.

 


BAB II

GAMBARAN PELAYANAN

DINAS PERUMAHAN PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN

 

 

  • Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi

Penyelenggaraan urusan yang dilaksanakan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan Sesuai dengan Peraturan Bupati Tanah Bumbu Nomor 13    tahun 2017 Tentang Tugas, Fungsi, Uraian Tugas dan Tata Kerja Unsur-Unsur Organisasi Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan adalah sebagai berikuti:

  1. Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok:

Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang perumahan, permukiman dan pertanahan.

Fungsi:                   

  • perumusan kebijakan daerah dibidang perumahan, permukiman dan pertanahan;
  • pelaksanaan kebijakan daerah dibidang perumahan, permukiman dan pertanahan;
  • pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dibidang perumahan, permukiman dan pertanahan;
  • pelaksanaan administrasi Dinas; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya
    1. Sekretaris/Sekretariat
      1. Tugas Pokok:

Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi.

  1. Fungsi:
  • koordinasi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan;
  • penyusunan rencana, program kerja dan anggaran;
  • pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, perlengkapan, kerjasama, hubungan masyarakatdan kearsipan;
  • pembinaan organisasi dan tata laksana dinas;
  • koordinasi dan penyusunan Peraturan Perundang-undangan;
  • penyelenggaraan pengelolaan barang milik daerah/Negara;
  • pengelolaan kegiatan pemantauan, evaluasi, dokumentasi dan pelaporan;
  • pengumpulan, pengelolaan data dan teknologi informasi;
  • koordinasi penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan;
  • koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait;
  • pemantauan, evaluasi dan pelaporan; dan
  • pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasansesuai bidang tugas

 

  1. Bidang Perumahan
  2. Tugas Pokok:

Bidang Perumahan mempunyai tugas melakukan penyiapan perumusan kebijakan teknis dan penyelenggaraan kegiatan di bidang perumahan.

  1. Fungsi:
  • penyiapan perumusan kebijakan teknis bidang perumahan;
  • pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang pembangunan perumahan;
  • pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang pengendalian dan pengembangan perumahan;
  • koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait;
  • pemantauan, evaluasi dan pelaporan; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

 

  1. Bidang Kawasan Permukiman
  2. Tugas Pokok:

Bidang Kawasan Permukiman mempunyai tugas penyiapan perumusan kebijakan teknis dan penyelenggaraan kegiatan di bidang kawasan permukiman.

  1. Fungsi:
  • penyiapan perumusan kebijakan teknis bidang kawasan permukiman;
  • pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang infrastruktur kawasan permukiman;
  • pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang pengembangan kawasan permukiman;
  • koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait;
  • pemantauan, evaluasi dan pelaporan; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

 

  1. Bidang Pertanahan
    1. Tugas Pokok:

Bidang Pertanahan mempunyai tugas penyiapan perumusan kebijakan teknis dan penyelenggaraan kegiatan di bidang pertanahan.

  1. Fungsi:
  • penyiapan perumusan kebijakan teknis bidang pertanahan;
  • pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang penyuluhan pertanahan dan penanganan masalah;
  • pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang pengaturan penguasaan, penatagunaan dan pengurusan hak-hak atas tanah;
  • koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait;
  • pemantauan, evaluasi dan pelaporan;dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan

 

  1. Struktur organisasi

Struktur organisasi merupakan mekanisme-mekanisme formal dengan meyebutkan nama-nama organisasi yang dikelola oleh setiap individu atau kelompok, serta struktur organisasi juga menunjukkan kerangka dan susunan dari perwujudan pola tetap hubungan diantara fungsi-fungsi, bagian-bagian atau posisi-posisi serta wewenang dan tanggungjawab yang jelas dan berbeda dalam suatu organisasi. Setiap organisasi pasti memiliki struktur organisasi, demikian pula Satuan Kerja Perangkat Daerah Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan, Struktur Organisasinya disusun berdasarkan Peraturan Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 19 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu dengan susunan organisasi sebagai berikut:

  1. Kepala Dinas
  2. Sekretariat
  3. Sub bagian Umum dan Kepegawaian
  4. Sub Bagian Perencanaan Keuangan dan Pelaporan
  5. Bidang Perumahan
  6. Seksi Pembangunan
  7. Seksi Pengendalian dan Pengembangan Perumahan.
  8. Bidang Kawasan Permukiman
    1. Seksi Infrastruktur Kawasan Permukiman
    2. Seksi Pengembangan Kawasan Permukiman
  9. Bidang Pertanahan
  10. Seksi Pengurusan hak-hak atas tanah dan Penyuluhan Pertanahan
  11. Seksi Pengaturan Penguasaan, Penatagunaan tanah dan Penanganan masalah
  • Kelompok Jabatan Fungsional
  • Unit Pelaksana Tehnis Daerah

 

Gambar. 1

STRUKTUR ORGANISASI DINAS PERUMAHAN, PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN

KABUPATEN TANAH BUMBU

DINAS PERUMAHAN, PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN
UPT
SEKRETARIAT
BIDANG PERTANAHAN
BIDANG PERUMAHAN
BIDANG KAWASAN PERMUKIMAN
JAFUNG
SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN
SUB BAGIAN PERENCANAAN KEUANGAN   DAN PELAPORAN
SEKSI PEMBANGUNAN
SEKSI PENGENDALIAN DAN PENGEMBANGAN PERUMAHAN
SEKSI INFRASTRUKTUR KAWASAN PERMUKIMAN
SEKSI PENGEMBANGAN KAWASAN PERMUKIMAN
SEKSI PENGURUSAN HAK-HAK-HAK ATAS TANAH DAN PENYULUHAN PERTANAHAN
SEKSI PENGATURAN PENGUASAAN, PENATAGUNAAN TANAH DAN PENANGANAN MASALAH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Sumber Daya SKPD

Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya didukung dengan 2 (dua) macam sumber daya, diantaranya Sumber Daya Manusia (SDM) /Pegawai dan Sarana dan Prasarana /Aset SKPD.

 

  1. Sumber Daya Manusia / Pegawai

Dapat kami gambarkan komposisi sumber daya manusia/pegawai pada Tabel-tabel dibawah ini:

Tabel 2.1

Data Jumlah Pegawai CPNS/PNS

  • Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan
  • Tahun 2018
No. Uraian Status Kepegawaian  
CPNS PNS Keterangan
s1 Gol. II 8  
2 Gol. III 15  
3 Gol. IV 3  
Jumlah   26  

Sumber        : Sekretariat Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

 

Tabel 2.2

Data Jumlah Pegawai Non PNS

Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

Tahun 2018

No. Uraian Jenis Kelamin Keterangan
Laki-laki Perempuan
1 PTT Umum 8 4  
2 PTT Khusus 4 1  
3. Sopir Kantor 5  
4. Cleaning Service 1 2  
5. Penjaga Malam 2  
6. Pegawai bulanan Lapangan 72 21  
Jumlah 92 28  

Sumber           : Sekretariat Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

 

 

  1. Sumber Daya Manusia / Pegawai
  • Sedangkan untuk data Aset Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan dibagi atas, aset bergerak dan aset tidak bergerak.
  • Berikut kami sajikan jumlah aset Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan dimana aset ini sangat dibutuhkan dalam kegiatan operasional sehari-hari, sebagai berikut:

 

 

 

 

Tabel 2.3

Data Aset

Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

Tahun 2018

URAIAN TAHUN

 

KENAIKAN (PENURUNAN)

 

  Desember 2018 Desember 2017 Jumlah %
ASET TETAP                       238.284.702.591,93                       235.745.871.591,93                  2.538.831.000,00 1,08%
TANAH                       157.293.725.407,28                       156.486.825.407,28                      806.900.000,00 0,52%
PERALATAN DAN MESIN                            6.566.347.352,40                            6.398.827.352,40                      167.520.000,00 2,62%
Alat-Alat Besar                               895.015.000,00                               887.025.000,00                          7.990.000,00 0,90%
Alat-Alat Angkutan                            2.534.874.986,25                            2.534.874.986,25                                               – 0,00%
Alat-Alat Bengkel dan Alat Ukur                                 50.420.000,00                                 50.420.000,00                                               – 0,00%
Alat-alat Pertanian/Peternakan                                 12.500.000,00                                 12.500.000,00                                               – 0,00%
Alat-Alat kantor dan Rumah Tangga                            2.652.602.404,51                            2.508.072.404,51                      144.530.000,00 5,76%
Alat-Alat Studio dan Komunikasi                               150.984.961,64                               135.984.961,64                        15.000.000,00 11,03%
Alat-Alat Kedokteran                                                        –                                                        –                                               –  
Alat-Alat Laboraturium                                 17.800.000,00                                 17.800.000,00                                               – 0,00%
Alat-ALat Keamanan                               252.150.000,00                               252.150.000,00                                               – 0,00%
GEDUNG DAN BANGUNAN                         24.396.245.632,67                         24.280.972.632,67                      115.273.000,00 0,47%
Bangunan Gedung                         22.510.236.632,67                         22.394.963.632,67                      115.273.000,00 0,51%
Bangunan Monumen                            1.886.009.000,00                            1.886.009.000,00                                               – 0,00%
JALAN JARINGAN DAN IRIGASI                         46.290.420.199,58                         44.841.282.199,58                  1.449.138.000,00 3,23%
Jalan dan Jembatan                            2.010.866.000,00                            1.435.408.000,00                      575.458.000,00 40,09%
Bangunan Air/Irigasi 1.077.732.000,00 1.077.732.000,00 0,00%
Instalasi                         28.614.455.376,53                         27.740.775.376,53                      873.680.000,00 3,15%
Jaringan                         14.587.366.823,05                         14.587.366.823,05                                               – 0,00%
ASET TETAP LAINNYA                            3.441.478.000,00                            3.441.478.000,00                                               – 0,00%
Buku Perpustakaan                               931.122.000,00                               931.122.000,00                                               – 0,00%
Barang Bercorak Kesenian/Kebudayaan                                                        –                                                        –                                               –  
Hewan ternak dan Tumbuhan                            2.510.356.000,00                            2.510.356.000,00                                               – 0,00%
Aset Renovasi                                                        –                                                        –                                               –  
KONSTRUKSI DALAM PENGERJAAN                               296.486.000,00                               296.486.000,00                                               – 0,00%
JUMLAH ASET 238.284.702.591,93 235.745.871.591,93 2.538.831.000,00 1,08%

 

 

 

 

 

  • Kinerja Pelayanan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

 

Kinerja Pelayanan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan menunjukkan tingkat capaian kinerja berdasarkan sasaran/target Renstra periode sebelumnya baik menurut SPM maupun Anggaran dan Realisasi Pendanaan Pelayanan, dinama untuk kinerja ini pada Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan, dapat dilihat pada Tabel dibawah ini.

 

Tabel T-C 23

Pencapaian Kinerja Pelayanan Dinas Perumahan Permukiman dan PertanahanKabupaten Tanah Bumbu

 

NO Indikator Kinerja sesuai Tugas dan Fungsi PD Target SPM/IKK Target Renstra PD Tahun ke- Realisasi Capaian Tahun ke- Rasio Capaian pada Tahun ke-
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14) (15) (16) (17) (18)
SPM / IKK    
1 PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PEMUKIMAN    
1.1 Rasio rumah layak huni 0,20 0,20 0.20 0.20 0.20 0.20 0.20 0.20 0.20 99,72% 100,02% 100,00%
1.2 Rasio permukiman layak huni 4,70 4,65

 

4,66

 

4,67 4,68 4,69 4,66 4,66 4,68 100,22% 100,02% 100,31%
1.3 Cakupan ketersediaan rumah layak huni 74,23% 74.00% 74.23% 74.23% 74.23% 74.23% 74.00% 74.23% 74.30% 100,00% 100,00% 100,09%
1.4 Cakupan layanan rumah layak huni yang terjangkau 79,82% 78.00% 78.08% 78.65% 79.13% 79.49% 77,92% 78,08% 78,95% 99,90% 100,00% 100,38%
1.5 Persentase pemukiman yang tertata 0,369% 0,360 0,365 0,367 0,369 0,360 0,365 99,98% 99,99%
1.6 Persentase lingkungan pemukiman kumuh 0,047%   0,048% 0,048% 0,047% 0,047% 0,048% 0,047% 99,96% 99,72%
1.7 Persentase luasan permukiman kumuh di kawasan perkotaan 7,51%   4,22% 4,46%% 5,47% 6,49% 0,02% 0,03% 0,36% 0,74%
1.8 Proporsi rumah tangga kumuh perkotaan 17,821%   16,403% 16,968% 17,525% 17,674% 16,403% 16,968% 100,00% 100,00%

 

 

1.9 Cakupan Lingkungan Yang Sehat dan Aman yang didukung dengan PSU 99,26% 97,46% 97,46% 98,49% 98,99% 98,25% 97,46% 97,46% 98,49% 100,00% 100,00% 100,00%
1.10 Rasio tempat pemakaman

umum per satuan

33,54% 33,97% 33,86% 33,75% 33,64% 33,54% 21,63% 86,25%     63,88% 255,52%    
2 PERTANAHAN                                
2.1 Persentase Luas Lahan Bersertifikat 31,39% 26,64% 26,98% 28,02% 28,94% 30,06% 26,64% 26,98% 28,02% 100,00% 100,00% 100,00%
2.2 Penyelesaian Kasus Tanah Negara 88,89% 7,41% 18,52% 37,04% 55,56% 74,07% 7,41% 18,52% 37,04% 100,00% 100,00% 100,00%

 

 

 

 


Tabel T-C 24.

Anggaran dan Realisasi Pendanaan PelayananDinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

Kabupaten Tanah Bumbu

 

Uraian Anggaran pada Tahun ke Realisasi Anggaran pada Tahun ke Rasio antara Realisasi dan Anggaran Tahun ke Rata-rata Pertumbuhan
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Anggaran Realisasi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14) (15) (16) (17) (18)
Belanja Tidak Langsung 3.606.632.872 3.345.182.219, 3.443.702.624 3.429.676.098 3.184.082.252 3.269.754.487 95,09% 95,18% 94,95%    
Belanja Langsung 50.235.696.450 39.790.005.200, 29.292.613.260 43.989.681.384 32.213.094.773 25.950.446.558 87,57% 80,96% 88,59%    
 

 

 

 

  • Tantangan dan Peluang Pengembangan Pelayanan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

 

Tantangan dan Peluang pengembangan pelayanan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan hendaknya dapat mengemukakan hasil analisis terhadap Renstra provinsi, hasil telaahan terhadap RTRW, dan hasil analisis terhadap KLHS  Daerah yang berimplikasi sebagai tantangan dan peluang bagi pengembangan pelayanan SKPD pada 5 (lima) tahun mendatang, dimana disini akan dikemukakan macam pelayanan, perkiraan besaran kebutuhan pelayanan, dan arahan lokasi pengembangan pelayanan yang dibutuhkan.

Sehingga dengan demikian potensi SKPD sangatlah memberikan pengaruh terhadap pelayanan SKPD baik positif ataupun negative terhadap implementasi Rencana Strategis kedepan, ketika berbicara mengenai Tantangan dan Peluang tentu tidak akan terlepas dengan adanya Potensi Kekuatan dan Kelemahan yang bersumber dari intern organisasi, Tantangan dan Peluang yang mungkin timbul di dalam pelaksanaan pelayanan Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan :

 

 

  1. Tantangan Pengembangan Pelayanan SKPD
  • Tantangan yang dihadapi dalam pengembangan pelayanan Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu adalah ;
  1. Internal
  1. Tupoksi yang masih tumpang tindih
  2. Masih minimnya Data Pelayanan SKPD
  3. SDM Aparatur tentang standar kebutuhan dari unit kerja SKPD;
  4. Keterbatasan anggaran
  5. SDM Aparatur tentang standar kebutuhan dari unit kerja SKPD
  6. Eksternal
    1. Kurangnya peran serta stakeholder dalam menata kawasan permukiman;
    2. Belum optimalnya penyerahan legalitas fasum dan fasus perumahan kepada pemerintah daerah;
    3. Tumpang tindihnya legalitas lahan yang akan dibebaskan oleh Pemerintah Daerah;
    4. Tingginya permintaan harga lahan;
    5. Kurangnya jaringan/daya listrik .

 

 

 

 

  1. Peluang Pengembangan Pelayanan SKPD
  • Peluang yang akan diupayakan dan dimanfaatkan untuk pengembangan pelayanan Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan adalah :
  1. Internal
  • Fasilitas Sarana dan Prasarana penunjang kegiatan
  • Terisinya seluruh jabatan struktural pada SKPD
  • Jumlah Pegawai ASN, PTT dan Petugas harian lepas/tenaga kontrak
  • Tingkat pendidikan pegawai yang rata-rata berpendidikan S-1.
  1. Eksternal
  • Adanya program-program pemerintah pusat yang dilaksanakan di Daerah;
  • Luas wilayah dan Pertambahan jumlah penduduk yang semakin meningkatnya dan pemerataan pembangunan;
  • Tingginya minat pengembang untuk berinvestasi dibidang perumahan;
  • Masih terdapatnya kawasan permukiman kumuh;
  • Masih banyaknya lahan tidur yang belum difungsikan;

 

BAB III

PERMASALAHAN DAN ISU-ISU STRATEGIS

DINAS PERUMAHAN PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN

 

 

  • Identifikasi Permasalahan Berdasarkan Tugas dan Fungsi Pelayanan SKPD

 

Identifikasi permasalahan berdasarkan tugas dan fungsi dilakukan denganpemetaanpermasalahan di setiap bidang kerja yang ada di Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu,  Berikut identifikasi permasalahan di setiap bidang :

 

Tabel 3.1

Pemetaan Permasalahan untuk Penentuan Prioritas dan Sasaran

Pembangunan Daerah

No Masalah Pokok Masalah Akar Masalah
1 2 3 4
1 Bidang Perumahan    
1.1 Masih banyaknya Rumah tidak layak huni Kurangnya anggaran untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni Kemampuan/daya beli masyarakat masyarakat rendah
1.2 Kurang tersedianya rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah Berkurangnya jumlah pengembang yang melakukan kegiatan pembangunan perumahan Melambatnya pertumbuhan Ekonomi
1.3 Belum tersedianya Database Perumahan Anggaran untuk kegiatan terbatas Tidak adanya kegiatan pendataan perumahan
2 Bidang Kawasan Permukiman    
2.1 Kurangnya Keindahan kota dan aspek kesehatan masyarakat Adanya kawasan kumuh diperkotaan yang penanggulangannya belum dilaksanakan secara efektif Pertumbuhan permukiman yang pesat dikawasn perkotaan yang tidak sesuai dengan RTBL/RTRW
2.2 Kurangnya sarana dan prasarana permukiman yang berkualitas Permukiman yang tidak ASRI Adanya Permukiman  yang tidak dilengkapi sarana dan prasarana lingkungan
2.3 Terbatasnya sarana air bersih dan sarana pengelolaan air limbah Kesulitan mendapatkan air bersih dan lingkungan yang tidak sehat Sulitnya sumber mata air bersih dipermukiman terutama di musim kemarau dan pembuangan limbah sembarangan tanpa memperhatikan kebersihan lingkungan
3 Bidang Pertanahan    
3.1 Masih terdapatnya kasus / sengketa tanah yang belum tertangani; Masih banyaknya tumpang tindih hak kepemilikan atas subjek tanah milik masyarakat dan kurangnya pemahaman masyarakat terkait memperjuangkan hak yang bersangkutan untuk melempuh jalur hukum. Belum terbitnya administrasi SPPFBT dan proses penerbitan SPPFBT yang kurang teliti di tingkat desa & saat suksesi  kepemilikan  kepala desa data administrasi tidak terarsipkan  dengan baik sehingga tumpang tindih  kepemilikan tidak terhindarkan.
3.2 Sikap mental masyarakat yang lebih terfokus secara ekonomi dari pada kepentingan umum Bahwa terkait dengan pembebasan tanah untuk kepentingan umum masyarakat .pada umumnya keberatan dengan nilai ganti rugi yang akan dibebaskan pemerintah daerah. Bahwa kurangnya sosialisasi pihak pemda kepada masyarakat yang tanahnya akan di ganti rugi untuk kepentingan umum sehingga masyarakat kurang memahami akan dampak sebenarnya dari pembangunan untuk  kepentingan umum tersebut yang akan meningkatkan perekonomian dan kemajuan pembangunan secara ke seluruhan.


  • Telaahan Visi, Misi dan Program Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah Terpilih

Menelaah Visi dan Misi Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah adalah sebagai penentuan arah dalam penyusunan rencana strategis Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan sesuai tugas dan fungsinya  agar visi dan misi SKPD  sejalan dengan  arah pembangunan yang akan dicapai oleh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dalam periode kepemimpinannya.

  1. Visi Kepala Daerah

Adapun Visi Kabupaten Tanah Bumbu yang hendak dicapai pada tahun 2016-2021  adalah:

           Terwujudnya Kabupaten tanah Bumbu sebagai Poros Maritim Utama serta Pusat Perdagangan, Industri, dan Pariwisata, di Kalimantan berbasis pada Keunggulan Lokal dan Potensi Strategis Daerah menuju Tanah Bumbu yang Maju, Sejahhtera, dan Berintelektual Tinggi”

  1. Misi Kepala Daerah

Dalam upaya perwujutan visi dimaksud Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menjalankan misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan Penataan dan pengelolaan Pelabuhan sebagai Terminal Poin guna mendorong pemanfaatan keunggulan maritim serta menyelenggarakan pengelolaan wilayah pesisir yang mampu mendorong optimalisasi perekonomian masyarakat dan pariwisata;
  • Meningkatkan kegiatan industri dan perdagangan berbasis ekonomi kerakyatan melalui perluasan kesempatan dan perlindungan bagi pelaku industri guna menopang daya saing masyarakat lokal di tengah arus regional dan nasional;
  • Pengelolaan dan pemanfaatan SDA dan SDE yang berkelanjutan, berwawasan lingkungan serta memperhatikan kearifan lokal untuk menghadirkan kesejahteraan;
  • Menyelenggarakan Program penguatan kualitas SDM yang memiliki daya saing di tengah arus persaingan masyarakat ekonomi Asean (MEA) dengan basis pada masyarakat yang berakhlak dan memiliki akar lokal;
  • Menyelenggarakan tata Kelola Pemerintahan dan Birokrasi yang baik, efektrif, dan Bersih;

 

Dalam rangka perwujutan visi dan misi Daerah dimaksud, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu akan semaksimal mungkin melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai upaya SKPD dalam rangka mensukseskan atau mewujutkan pembangunan yang diharapkan pemerintah, yaitumelalui pengembangan misi Kepala Daerah sebagai berikut :

  • Pengelolaan dan pemanfaatan SDA dan SDE yang berkelanjutan, berwawasan lingkungan serta memperhatikan kearifan lokal untuk menghadirkan kesejahteraan (misi 3)
  • Menyelenggarakan tata Kelola Pemerintahan dan Birokrasi yang baik, efektrif, dan Bersih (misi 5);

 

 

  • Telaahan Renstra Kementrian dan Renstra Provinsi

Penyusunan Program dan Kegiatan Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan tetap mengacu/ selaras dengan arah kebijakan Pembangunan Nasional melalui kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan rakyatdan Program Prioritas Provinsi dalam bidang urusan Perumahan, Permukiman dan Pertanahan dapat dilihat diantaranya Program Pengembangan Perumahan Program Lingkungan sehat Perumahan yang bertujuan untuk pemenuhan dasar rumah layak huni, Penyediiaan sarana air bersih dan sanitasi, Peningkatan sarana dan prasarana permukiman , dan Program Pengadaan Tanah untuk kepentingan umum dan Program penyelesaian konflik –konfik pertanahan.

 

  • Telaahan Rencana Tata Ruang Wilayah dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis

Secara umum faktor penyebab permasalahan tata ruang adalah lemahnya koordinasi, pengendalian serta pengawasan tata ruang yang disebabkan belum tersedianya secara lengkap dokumen-dokumen rencana tata ruang sebagai arah dan acuan yang rinci dalam pemanfaatan ruang di Kabupaten Tanah Bumbu serta masih terbatasnya kemampuan masyarakat dalam memahami mekanisme perencanaan pembangunan daerah yang berakibat pada lemahnya partisipasi aktif masyarakat.

Sedangkan beberapa faktor pendorong dari pelayanan SKPD Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan , diantaranya:

  1. Masih banyaknya rumah MBR yang tidak layak huni
  2. Masih banyaknya bangunan yang belum sesuai peraturan yang berlaku
  3. Adanya dukungan jalur hijau, penataan komplek perumahan, penataan kota yang teratur dan strategis;
  4. Kebutuhan pembangunan kepentingan umum dan kepentingan Pemerintah;
  5. Memanfaatkan dan memelihara sumber daya alam untuk mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan;
  6. Adanya kebijakan Pemerintah Pusat yang berkenaan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).
    • Penentuan Isu-isu Strategis

Adapun Isu-isu strategis yang dapat kami susun berdasarkan tugas pokok dan fungsi dijelaskan sebagai berikut:

  • Ketersediaan rumah layak huni
    1. Kurangnya pemenuhan kebutuhan rumah dengan peningkatan jumlah penduduk;
    2. Ketersediaan kebijakan sektor perumahan
    3. Kerusakan rumah akibat bencana alam ;
  • Kualitas Lingkungan permukiman yang kurang baik
  1. Perumahan yang tidak dilengkapi prasarana dan sarana utilitas;
  2. Pembangunan Ruamh terbuka Publik (RTP);

3             Pemenuhan lahan untuk pembangunan untuk kepentingan umum

  1. Sarana dan Prasarana untuk pembangunan Daerah
  2. Adanya sengketa tanah untuk pemenuhan tanah Pemerintah Daerah;

 

 

 


BAB IV

TUJUAN DAN SASARAN SKPD

 

 

  • Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

 

Adapun Tujuan dan SasaranDinas Perumahan Permukiman dan PertanahanTahun 2016-2021 dapat kamisajikan pada tabel sebagai berikut:


Tabel T-C 25.

Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Pelayanan

No Tujuan Sasaran Indikator Tujuan/Sasaran  

TARGET KINERJA TUJUAN/SASARAN PADA TAHUN KE-

 

1 2 3 4 5 6 7 8 9
1 Terwujudnya Lingkungan Perumahan layak huni Meningkatnya Kawasan Perumahan yang sesuai Standar Persentase kawasan perumahan layak huniRumah Layak Huni 100%

Jumlah Penduduk

97.46% 98.48% 98.99% 99.24%
2 Terwujudnya efektifitas penangganan permukiman  secara terkoordinasi dan berkelanjutan yang terintegrasi dengan rencana tata ruang wilayah Meningkatnya kualitas Lingkungan Permukiman Persentase berkurangnya luasan Perumahan dan permukiman tidak sehat 99.94% 99.87% 99.81% 99.75%
3 Mewujudkan pelayanan informasi, meningkatnya tertib administrasi pertanahan serta penataan, penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah  di Kabupaten Tanah Bumbu Meningkatnya Ketersediaan Lahan Hak Milik Pemerintah Persentase Ketersediaan Lahan Pemerintah 90.10% 90.34% 91.77% 92.10%

 


BAB V

STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

DINAS PERUMAHAN PERMUKIMAN DAN PERTANAHAN

 

 

  • Strategi dan Arah Kebijakan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan akan disusun Strategi dan arah kebijakan sehingga tujuan dan sasaran yang diharapkan akan mudah terlaksana Adapun rumusan pernyataan strategi dan arah kebijakan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan dalam 5 (lima) tahun mendatang dapat kami sajikan pada Tabel dibawah ini :

 


Tabel T-C 26.

Tujuan, Sasaran, Strategi, dan Kebijakan

 

VISI : Terwujudnya Kabupaten tanah Bumbu sebagai Poros Maritim Utama serta Pusat Perdagangan, Industri, dan Pariwisata, di Kalimantan berbasis pada

Keunggulan Lokal dan Potensi Strategis Daerah menuju Tanah Bumbu yang Maju, Sejahhtera, dan Berintelektual Tinggi

MISI : Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Ekonomi yang berkelanjutan, berwawasan Lingkungan serta memperhatikan Kearifan Lokal

Untuk Menghadirkan Kesejahteraan.

Tujuan Sasaran Strategi Arah Kebijakan
Terwujudnya Lingkungan Perumahan layak huni Meningkatnya Kawasan Perumahan yang sesuai Standar –  Penetapan Kebijakan Perumahan

–  Meningkatkan pembangunan / rehabilitasi sarana dan prasarana perumahan

 

–  Memberikan bantuan stimulan perumahan untuk masyarakat kurang mampu dan korban bencana

–  Penyusunan Regulasi Perumahan

–  Pembangunan Rumah Bagi MBR dan PSU Perumahan

Terwujudnya efektifitas penangganan permukiman  secara terkoordinasi dan berkelanjutan yang terintegrasi dengan rencana tata ruang wilayah

 

Meningkatnya kualitas Lingkungan Permukiman –  Meningkatkan kualitas Infrastruktur Permukiman

–  Terkelolanya Lingkungan Kumuh Perkotaan

–  Pengelolaan Lahan  Pemakaman

 

–       Pembangunan dan pengembangan kawasan permukiman

–      Melaksanakan Program KOTAKU

–      Penataan lahan Pemakaman

MISI : Menyelenggarakan Tata Kelola Pemerintahan dan Birokrasi yang Baik, Efektif dan Bersih
Tujuan Sasaran Strategi Arah Kebijakan
Mewujudkan pelayanan informasi, meningkatnya tertib administrasi pertanahan serta penataan, penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah  di Kabupaten Tanah Bumbu Meningkatnya Ketersediaan Lahan Hak Milik Pemerintah –  Menginventarisir Tanah- tanah Pemda yang belum bersertipikat

–  Meminimalisir jumlah Konflik Pertanahan

–  Melakukan survey, pengukuran dan pemetaan serta memberikan informasi/sosialisasi

 

–       Melaksanakan sertipikasi atau proses balik Nama tanah Pemda

–      Meminimalisir jumlah konflik dengan cara  Melakukan mediasi terhadap pihak yang bersengketa

–      Melaksanakan Pengadaan Tanah


BAB VI

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, SERTA PENDANAAN

 

  • Program dan kegiatan

Program dan Kegiatan Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbuyang mengacu pada tujuan dan sasaran dalam kurun waktu 2016-2018 adalah sebagai berikut:

  1. Program Pengendalian Pemanfaatan Ruang
  2. Sosialisasi kebijakan pengendalian pemanfaatan ruang
  3. Penyediaan Prasarana dan Sarana Pengendalian Izin Mendirikan Bangunan
  4. Penyusunan / revisi kebijakan perda izin mendirikan bangunan
  5. Program Pengembangan Kinerja Pengelolaan Persampahan
  6. Penyediaan prasarana dan sarana pengelolaaan persampahan
  7. Sosialisasi kebijakan pengelolaan persampahan
  8. Peningkatan Operasi dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana TPA *)
  9. Program Pengembangan Perumahan
  10. Penetapan kebijakan, strategi dan program perumahan
  11. Pembangunan Perumahan masyarakat kurang mampu
  12. Pembangunan sarana dan prasarana rumah sederhana sehat
  13. Pengawasan dan Pengendalian Perumahan
  14. Program perbaikan perumahan akibat bencana alam/sosial
  15. Rehabilitasi rumah akibat bencana alam
  16. Penyediaan rumah bagi masyarakat yang terkena relokasi Program Pemerintah
  17. Program lingkungan sehat perumahan
  18. Koordinasi pengawasan dan pengendalian pelaksanaan kebijakan tentang pembangunan perumahan
  19. Penyediaan sarana air bersih dan sanitasi dasar terutama bagi masyarakat miskin
  20. Pengembangan dan Pembangunan Sarana Dan Prasarana Permukiman
  21. Program Pengelolaan areal pemakaman
  22. Pembangunan sarana dan prasarana pemakaman
  23. Program Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau
  24. Penataan RTH;
  25. Pengembangan Taman Rekreasi
  26. Pemasangan lampu penerangan jalan
  27. Pemeliharaan lampu penerangan jalan
  28. Program Penataan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah
  29. Penyuluhan hukum pertanahan
  30. Pendaftaran Tanah Aset Milik Pemerintah Daerah
  31. Penataan Tanah Aset Pemerintah Daerah
  32. Program penyelesaian konflik-konflik pertanahan
  33. Fasilitasi penyelesaian konflik-konflik pertanahan
  34. Penyelesaian konflik-konflik pertanahan
  35. Penanganan konflik dan sengketa pertanahan

 

  1. Program Pengadaan tanah
  2. Pengadaan tanah untuk kepentingan umum
  3. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  4. Penyediaan Jasa Komunikasi,Sumber Daya dan Listrik;
  5. Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas /Operasional;
  6. Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan;
  7. Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor;
  8. Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja;
  9. Penyediaan Alat Tulis Kantor;
  10. Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan;
  11. Penyediaan komponen instalasi listrik /penerangan bangunan kantor
  12. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor;
  13. Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan;
  14. Penyediaan bahan logistik kantor;
  15. Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi keluar daerah;
  16. Penyediaan Jasa Non PNS;
  17. Rapat Koordinasi dalam Daerah.
  18. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  19. Pengadaan kendaraan dinas /operasional;
  20. Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor
  21. Pemeliharaan rutin/berkala perlengkapan gedung kantor
  22. Program Peningkatan Disiplin Aparatur
  23. Pengadaan Pakaian Khusus hari-hari tertent
  24. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  25. Pendidikan dan Pelatihan Formal

 

 

Untuk revisi Renstra pada tahun 2019-2021 Program dan Kegiatan yang dijalankan adalah sebagai berikut :

 

  1. Program Pengembangan Perumahan
  2. Penetapan kebijakan, strategi dan program perumahan
  3. Pembangunan Perumahan masyarakat kurang mampu
  4. Pembangunan sarana dan prasarana rumah sederhana sehat
  5. Pengawasan dan Pengendalian Perumahan
  6. Program perbaikan perumahan akibat bencana alam/sosial
  7. Rehabilitasi rumah akibat bencana alam
  8. Penyediaan rumah bagi masyarakat yang terkena relokasi Program Pemerintah
  9. Program Pengembangan lingkungan sehat permukiman
  10. Peningkatan Sarana Air Bersih dan Sanitasi Dasar permukiman
  11. Peningkatan Jalan Lingkungan Permukiman
  12. Pembangunan Saluran Drainase /Gorong-gorong
  13. Pembangunan Sarana dan Prasarana RTP (Ruang Terbuka Publik)
  14. Pemasangan Lampu PJU Permukiman

 

  1. Program Peningkatan kualitas Kawasan Kumuh Perkotaan
  2. Peningkatan Sarana Air Bersih, Sanitasi Dasar dan Pengelolaan sarana air limbah
  3. Peningkatan Jalan Lingkungan Permukiman kumuh
  4. Pembangunan Saluran Drainase /Gorong-gorong kumuh
  5. Penyediaan sarana bangunan gedung
  6. Program Pengelolaan areal pemakaman
  7. Pembangunan sarana dan prasarana pemakaman
  8. Program Penataan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah
  9. Penyuluhan hukum pertanahan
  10. Pendaftaran Tanah Aset Milik Pemerintah Daerah
  11. Penataan Tanah Aset Pemerintah Daerah
  12. Program penyelesaian konflik-konflik pertanahan
  13. Penanganan konflik dan sengketa pertanahan
  14. Program Pengadaan tanah
  15. Pengadaan tanah untuk kepentingan umum
  16. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  17. Penyediaan Jasa Komunikasi,Sumber Daya dan Listrik;
  18. Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas /Operasional;
  19. Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan;
  20. Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor;
  21. Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja;
  22. Penyediaan Alat Tulis Kantor;
  23. Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan;
  24. Penyediaan komponen instalasi listrik /penerangan bangunan kantor
  25. Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor;
  26. Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan;
  27. Penyediaan bahan logistik kantor;
  28. Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi keluar daerah;
  29. Penyediaan Jasa Non PNS;
  30. Rapat Koordinasi dalam Daerah.
  31. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  32. Pembangunan gedung kantor
  33. Pengadaan kendaraan dinas /operasional
  34. Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor
  35. Pemeliharaan rutin/berkala perlengkapan gedung kantor
  36. Program Peningkatan Disiplin Aparatur
  37. Pengadaan Pakaian Khusus hari-hari tertentu
  38. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur
  39. Pendidikan dan Pelatihan Formal

 

Tabel T.C 27

Rencana Program, Kegiatan, dan Pendanaan

Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan

Kabupaten Tanah Bumbu

 

TUJUAN SASARAN Kode   Indikator Kinerja Program (outcome) dan Kegiatan (output) Data Capaian pada Tahun Awal Perencanaan Target Kinerja Program dan Kerangka Pendanaan Unit Kerja SKPD Penanggung Jawab Lokasi
Tahun-1 Tahun-2 Tahun-3 Tahun-4 Tahun-5 Tahun-5 Kondisi Kinerja pada akhir periode Renstra SKPD
2016 2017 2018 2019 2020 2021
Target  Rp. Target  Rp. Target  Rp. Target  Rp. Target  Rp. Target  Rp. Target  Rp.
1 2 3  4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15  16  17  18 19 20 21 22
Menjadikan pembangunan lingkungan perkantoran, tempat usaha dan pemukiman yang tertata sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan Penataan dan pengawasan pembangunan pemukiman sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan 1.05. 1.03.04 17 Program Pengendalian Pemanfaatan Ruang Persentase luas pemukiman yang tertata 1,04 % 1,01% 2.376.765.000 1,01% 2.376.765.000 Distabhan Kab Tanah Bumbu
1.05. 1.03.04 17.07 Sosialisasi kebijakan pengendalian pemanfaatan ruang Jumlah peserta sosialisasi IMB 1000 org 346.650.000 1000 org 346.650.000
1.05. 1.03.04 17.09 Penyediaan Prasarana dan Sarana Pengendalian Izin Mendirikan Bangunan Tersedianya Prasarana dan Sarana Pengendalian 462 bh 1065 bh 1.936.400.000 1.065,00 1.936.400.000
1.05. 1.03.04 17.10 Penyusunan / revisi kebijakan perda izin mendirikan bangunan Jumlah Perda Yang di Revisi 0 bh 1 bh 93.715.000 1 bh 93.715.000
Menjadikan lingkungan daerah Perkotaan, yang bersih, sehat, indah dan nyaman Terciptanya Lingkungan daerah Perkotaan, yang bersih sesuai dengan ketentuan dan yang berlaku 1.08. 1.03.04 15 Program Pengembangan Kinerja Pengelolaan Persampahan Persentase pengelolaan sampah diwilayah perkotaan Pertokoan, Perkantoran dan Pemukiman sesuai dengan kebijakan nasional pengelolaan sampah 47,71 % 60,16 % 5.083.965.000 60,16 % 5.083.965.000 Distabhan kab Tanah Bumbu
1.08. 1.03.04 15.02 Penyediaan prasarana dan sarana pengelolaaan persampahan Jumlah sampah yang dikelola 12,22 % 13,33 % 2.560.315.000 13,33 % 2.560.315.000
1.08. 1.03.04 15.10 Sosialisasi kebijakan pengelolaan persampahan Jumlah sosialisasi pengelolaan sampah 6 kali 224.250.000 6 kali 224.250.000
1.08. 1.03.04 15.13 Peningkatan Operasi dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana TPA *) Jumlah sampah yang ditangani 27589 M³ 35038 M³ 2.299.400.000 35038 ton 2.299.400.000
Terwujudnya lingkungan perumahan layak huni Meningkatnya Kawasan Perumahan yang sesuai Standar 1.04 .1.04.1 . 15 Program Pengembangan Perumahan Cakupan ketersedian rumah layak huni 0,00% 18% 458.000.000 66,67% 1.852.200.000 91,67 % 2.310.200.000 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
Persentase Terbangunnya Rumah Layak Huni 40.00% 0,00% 7,02% 402600000 19,6% 1.852.200.000 21,87% 1.141.680.000 21,59% 1.214.325.000 21,59% 1.368.149.500 21,59% 5.978.954.500 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
1.04 .1.04.1 .15 . 01 Penetapan kebijakan, strategi dan program perumahan Jumlah Draf Perda yang dibuat dan tersedianya database perumahan 0 bh 0 bh 1 bh 55.400.000 0 bh 0 bh 0 bh 0 bh 55.400.000
Tersedianya Prasarana Penunjang Pengelolaan Perumahan 1 Dokumen 0 Dokumen 1 Dokumen 3.600.000 4 Dokumen 1.014.700.000 3 Dokumen 159.450.000 1 Dokumen 120.000.000 1 Dokumen 120.000.000 10 Dokumen 1.417.750.000
1.04 .1.04.1 .15 . 06 Pembangunan Perumahan masyarakat kurang mampu Jumlah rumah yang direhabilitasi 0 unit 0 unit 0 unit 1 unit 369.650.000 3 unit 280.080.000 2 unit 256.080.000 3 unit 308.080.000 9 unit 1.213.890.000
1.04 .1.04.1 .15 . 07 Pembangunan sarana dan prasarana rumah sederhana sehat Jumlah PSU yang dibangun 0 unit 0 unit 2 unit 399.000.000 4 unit 467.850.000 3 unit 652.950.000 4 unit 718.245.000 4 unit 790.069.500 13 unit 3.028.114.500
Pengawasan dan Pengendalian Perumahan Terlaksananya pengawasan dan Pengendalian Perumahan 0 kali 0 kali 0 kali 0 kali 50 kali 49.200.000 75 kali 120.000.000 100 kali 150.000.000 225 kali 319.200.000
1.04.01.04.18 Program perbaikan perumahan akibat bencana alam/sosial Persentase rumah yang direkonstruksi 0,00% 0,00% 0,00% 0,00% 0,00% 100,00% 1.500.000.000 100,00% 1.520.000.000 100% 3.020.000.000 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
1.04.01.04.18.01 Rehabilitasi rumah akibat bencana alam Jumlah rumah yang direhab akibat bencana alam 0 unit 0 unit 5 unit 200.000.000 5 unit 220.000.000 10 unit 420.000.000
1.04.01.04.18.02 penyediaan rumah bagi masyarakat yang terkena relokasi Program Pemerintah Jumlah rumah yang dibangun 0 unit 0 unit 0 unit 0 unit 0 unit 20 unit 1.300.000.000 20 unit 1.300.000.000 40 unit 2.600.000.000
Meningkatkan efektifitas penangganan permukiman  secara terkoordinasi dan berkelanjutan yang terintegrasi dengan rencana tata ruang wilayah; Meningkatnya kualitas Lingkungan Permukiman 1.04 .1.04.1 . 16 Program lingkungan sehat perumahan Persentase berkurangnya luasan permukiman kumuh di perkotaan 4,82 4,80% 725.407.700 4,54 1.714.850.000 3,70% 2.440.257.700 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
1.04 .1.04.1 . 16.01 Koordinasi pengawasan dan pengendalian pelaksanaan kebijakan tentang pembangunan perumahan Laporan koordinasi dan pengawasan perumahan dan permukiman 1 laporan 105.586.700 1 laporan 54.300.000 2 laporan 159.886.700
1.04 .1.04.1 . 16.02 Penyediaan sarana air bersih dan sanitasi dasar terutama bagi masyarakat miskin Jumlah sarana air bersih dan sanitasi dasar 3 PKT 686.200.000 3 PKT 686.200.000
1.04 .1.04.1 . 16.08 Pengembangan dan Pembangunan Sarana Dan Prasarana Permukiman Cakupan lingkungan permukiman yang tertata 1,10% 619.821.000 623 meter (jalan ) dan 350 meter (draenase) 974.350.000 9223 mtr (jln) dan 6150 mtr (draenase) 1.594.171.000
1.04 .1.04.1 . 21 Program Pengembangan lingkungan sehat permukiman Persentase berkurangnya luasan permukiman kumuh di perkotaan 4,82 4,8 725.407.700 4,54 1.714.850.000
Persentase kawasan permukiman yang tertata 41,05% 0,00% 0,00% 0,00% 87,37 11.450.000.000 93,68 10.450.000.000 100 10.450.000.000 100% 21.900.000.000 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
1.04 .1.04.1 . 21.01 Peningkatan Sarana Air Bersih dan Sanitasi Dasar permukiman Terbangunnya sarana Air Bersih dan Sanitasi Dasar permukiman 26 RT 0 RT 0 RT 0 RT 76 RT 500.000.000 76 RT 500.000.000 76 RT 500.000.000 228 RT 1.500.000.000
1.04 .1.04.1 . 21.02 Peningkatan Jalan Lingkungan Permukiman Terpenuhinya Panjang Infrastruktur Jalan Permukiman 0 Meter 0 Meter 0 Meter 0 Meter 1500 Meter 3.000.000.000 2750 Meter 2.500.000.000 2750 Meter 2.500.000.000 7000 Meter 5.500.000.000
1.04 .1.04.1 . 21.03 Pembangunan Saluran Drainase /Gorong-gorong Panjang Saluran Drainase yang terbangun dan terpelihara 48 Meter 0 Meter 0 Meter 0 Meter 2200 Meter 2.500.000.000 4800 Meter 2.250.000.000 4800 Meter 2.250.000.000 4800 Meter 7.000.000.000
1.04 .1.04.1 . 21.04 Pembangunan Sarana dan Prasarana RTP (Ruang Terbuka Publik) Terbangunnya RTP Permukiman 1 titik 0 titik 0 titik 0 titik 3 titik 750.000.000 2 titik 500.000.000 2 titik 500.000.000 7 titik 1.750.000.000
1.04 .1.04.1 . 21.05 Pemasangan Lampu PJU Permukiman Jumlah Titik Lampu PJU Permukiman yang terpasang 1783 titik 0 titik 0 titik 0 titik 300 titik 3.000.000.000 300 titik 3.000.000.000 300 titik 3.000.000.000 900 titik 9.000.000.000
1.04 .1.04.1 . 21.06 Pemeliharaan Lampu PJU Permukiman Jumlah Titik Lampu PJU Permukiman yang terpelihara 1783 titik 0 titik 0 titik 0 titik 1593 titik 1.700.000.000 1593 titik 1.700.000.000 1593 titik 1.700.000.000 1593 titik 5.100.000.000
1.04 .1.04.1 . 22 Program Peningkatan kualitas Kawasan Kumuh Perkotaan Persentase lingkungan permukiman kumuh perkotaan 1,98% 0,00% 0,00% 0,00% 1,896 10.050.000.000 1,856 8.350.000.000 1,856 8.350.000.000 1,86% 26.750.000.000 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
1.04 .1.04.1 . 22.01 Peningkatan Sarana Air Bersih, Sanitasi Dasar dan Pengelolaan sarana air limbah Terkelolanya sistem pengelolaan air bersih dan limbah permukiman 26 unit 0 unit 0 unit 0 unit 77 unit 2.250.000.000 1 unit 1.000.000.000 1 unit 1.000.000.000 79 unit 4.250.000.000
1.04 .1.04.1 . 22.03 Peningkatan Jalan Lingkungan Permukiman kumuh Terpenuhinya Panjang Infrastruktur Jalan Permukiman yang memadai 300 Meter 0 Meter 0 Meter 0 Meter 1500 Meter 3.000.000.000 2750 Meter 2.500.000.000 2750 Meter 2.500.000.000 7000 Meter 8.000.000.000
1.04 .1.04.1 . 22.04 Pembangunan Saluran Drainase /Gorong-gorong kumuh Panjang Saluran Drainase yang terbangun dan terpelihara di kawasan kumuh 0 Meter 0 Meter 0 Meter 0 Meter 2200 Meter 2.500.000.000 2200 Meter 2.250.000.000 2200 Meter 2.250.000.000 6600 Meter 7.000.000.000
1.04 .1.04.1 . 22.05 Penyediaan sarana bangunan gedung Terpenuhinya penataan Bangunan yang asri 0 PKT 0 PKT 0 PKT 0 PKT 9 PKT 2.350.000.000 4 PKT 1.000.000.000 4 PKT 1.000.000.000 17 PKT 4.350.000.000
1.04 .1.03.04 . 20 Program Pengelolaan areal pemakaman Luas Tempat Pemakaman umum yang tertata 16 26,25 1.243.200.000 46,25 586.100.000 56,25 1.735.350.000
Persentase luas pemakaman kabupaten yang tertata 0,60 1.735.350.000 1,20 1.735.350.000 1,80 1.735.350.000 1,80 5.206.050.000 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
1.04.1.03.04.20.06 Pembangunan sarana dan prasarana pemakaman Jumlah Daya tampung tempat pemakaman umum 48993 org 23330 org 1.243.200.000 4666 org 586.100.000 23330 org 1.182.550.000 27996 org 2.111.150.000 23330 org 2.000.000.000 23330 org 2.000.000.000 125982 org 9.123.000.000
1.08. 1.03.04 24 Program Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau Persentase publik yang tersedia/ terbangun 3,58% 3,94% 33.412.575.000 4,30% 8.066.936.360 4,68% 8.188.440.000 4,85% 11.014.629.000 5,00% 8.452.091.450 5,12% 8.589.108.523 5,12% 77.723.780.333 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
1.08. 1.03.04 24.05 Penataan RTH; Luas RTH yang tertata 50,00 ha 55,00 ha 2.523.375.000 60,00 ha 2.012.400.000 65,36 ha 2.372.590.000 67,75 ha 2.609.849.000 69,75 ha 2.740.341.450 71,50 ha 2.877.358.523 389,36 ha 15.135.913.973
1.08. 1.03.04 24.07 Pengembangan Taman Rekreasi Luas Ruang Terbuka Hijau yang dibangun 93,80 ha 5,00 ha 8.733.400.000 2,00 ha 2.000.000.000 2,00 ha 2.000.000.000 2,00 ha 2.000.000.000 2,00 ha 2.000.000.000 2,00 ha 2.000.000.000 15,00 ha 18.733.400.000
1.08. 1.03.04 24.11 Pemasangan lampu penerangan jalan Jumlah titik lampu PJU yang terpasang 1541 titik 879 titik 20.341.750.000 185 titik 3.425.111.360 524 titik 1.799.200.000 565 titik 5.193.030.000 250 titik 2.500.000.000 250 titik 2.500.000.000 2653 titik 35.759.091.360
1.08. 1.03.04 24.12 Pemeliharaan lampu penerangan jalan Jumlah lampu penerangan jalan yang terpelihara 1541 titik 1300 titik 1.814.050.000 500 titik 629.425.000 1300 titik 2.016.650.000 1100 titik 1.211.750.000 1100 titik 1.211.750.000 1100 titik 1.211.750.000 1100 titik 8.095.375.000
Mewujudkan pelayanan informasi, meningkatnya tertib administrasi pertanahan serta penataan, penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah di Kabupaten Tanah Bumbu Meningkatnya Ketersediaan Lahan Hak Milik Pemerintah 2.04 .1.04.01 . 16 Program Penataan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah Persentase tata letak tanah Pemda yg bersetipikat 37,38% 37,38% 100.000.000 48,12% 870.000.000 53,49% 800.000.000 53,49% 800.000.000 37% 1.770.000.000 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
2.04 .1.04.01 .16 . 02 Penyuluhan hukum pertanahan Terlaksnanya  Penyuluhan hukum pertanah 0 kec 0 kec 0 kec 10 kec 100.000.000 10 kec 100.000.000 10 kec 100.000.000 10 kec 200.000.000 30 keg/kec
Jumlah peserta penyuluhan 1000 OK 175.000.000 1000 OK 200.000.000 1000 OK 225.000.000 1000 OK 250.000.000 4000 OK 850.000.000
2.04 .1.04.01 .16 . 06 Pendaftaran Tanah Aset Milik Pemerintah Daerah Jumlah Tanah Pemda yang didaftarkan 112 persil 0 persil 0 persil 37 persil 317.740.000 50 persil 350.000.000 50 persil 350.000.000 137 persil 1.017.740.000
2.04 .1.04.01 .16 . 07 Penataan Tanah Aset Pemerintah Daerah Jumlah Pengembalian Batas Tanah Aset Pemerintah Daerah 10 persil 0 persil 0 persil 0 persil 20 persil 350.000.000 20 persil 350.000.000 20 persil 350.000.000 60 persil 1.050.000.000
2.04 .1.04.01 . 17 Program penyelesaian konflik-konflik pertanahan Persentase Tertanganinya kasus Pertanahan 50% 20,37% 151.050.000 44,24% 175.000.000 75% 200.000.000 100% 225.000.000 100% 225.000.000 100% 650.000.000 Disperkimtan kab Tanah Bumbu
2.04 .1.04.01 .17 . 03 penyelesaian konflik-konflik pertanahan jumlah kasus yang ditangani 0 kasus 0 kasus 10 kasus 151.050.000 0 kasus 0 kasus 0 kasus 0 kasus 10 kasus 151.050.000
2.04 .1.04.01 .17 . 03 penyelesaian konflik-konflik pertanahan jumlah kasus yang difasilitasi 10 kasus 0 kasus 0 kasus 10 kasus 175.000.000 0 kasus 0 kasus 0 kasus 20 kasus 175.000.000
2.04 .1.04.01 .17 . 05 Penanganan konflik dan sengketa pertanahan jumlah kasus yang ditangani 24 kasus 0 kasus 0 kasus 0 kasus 10 kasus 200.000.000 10 kasus 225.000.000 10 kasus 225.000.000 44 kasus 425.000.000
2.04 .1.04.01 . 19 Program Pengadaan tanah Persentase Tanah Pemerintah Daerah 0% 5,35% 20.138.084.000 2,31% 25.157.000.000 100% 45.295.084.000 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
persentase pemenuhan kebutuhan lahan pemerintah daerah 89,96% 90,08% 20.138.084.000 90,19% 25.157.000.000 92,66% 30.000.000.000 92,74% 20.000.000.000 92,74% 20.000.000.000 92,74% 95.295.084.000 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
2.04 .1.04.01 .19 . 01 Pengadaan tanah untuk kepentingan umum Luas tanah yang dibebaskan 0 M² 0 M² 115000 M² 20.138.084.000 20.138.084.000
Luas pengadaan tanah 18556134 M² 0 M² 0 M² 49521 M² 25.157.000.000 294380 M² 30.000.000.000 67358 M² 20.000.000.000 1621820 M² 20.000.000.000 2148079 M² 115.295.084.000
BTL 1 thn 3.606.632.872 1 thn 3.345.182.219 1 thn 3.288.373.830 1 thn 3.617.211.213 1 thn 3.617.211.213 1 thn 3.617.211.213 100,00% 21.091.822.560 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
Lancarnya Pelaksanaan Tugas Pokok SKPD Meningkatnya kinerja dan pelayanan Pegawai 1.04 .1.04.01 . 01 Program Pelayanan Administrasi Perkantoran Tingkat ketersediaan administrasi perkantoran 100% 22.956.709.000 100% 14.232.258.500 100% 16.533.118.000 100% 25.013.929.250 100% 18.108.145.013 100% 18.927.779.063 100% 96.844.159.763 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
1.04 .1.04.01 .01 . 02 Penyediaan Jasa Komunikasi,Sumber Daya dan Listrik; Terbayarnya tagihan rekening kantor 12 bln 7.829.510.000 12 bln 9.939.275.000 12 bln 10.718.850.000 12 bln 11.254.792.500 12 bln 11.817.532.125 12 bln 12.408.408.731 12 bln 51.559.959.625
1.04 .1.04.01 .01 . 06 Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perizinan Kendaraan Dinas /Operasional; Jumlah kendaraan Dinas/operasional yang dipelihara 12 bln 2.470.290.000 16 unit 377.950.000 21 unit 449.350.000 22 unit 543.350.000 26 unit 570.517.500 26 unit 599.043.375 26 unit 4.411.457.500
1.04 .1.04.01 .01 . 07 Penyediaan Jasa Administrasi  Keuangan; Tersedianya Jasa Administrasi Keuangan 12 bln 254.490.000 12 bln 259.590.000 12 bln 353.600.000 12 bln 249.490.000 261.964.500 275.062.725 12 bln 1.379.134.500
1.04 .1.04.01 .01 . 08 Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor; Tersedianya Alat dan Bahan Kebersihan Kantor 12 bln 8.375.000 12 bln 4.200.000 12 bln 12.730.000 12 bln 8.375.000 12 bln 8.793.750 12 bln 9.233.438 12 bln 42.473.750
1.04 .1.04.01 .01 . 09 Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja; Jumlah peralatan kerja yang diperbaiki 1 thn 12.300.000 45 unit 20.100.000 45 unit 41.600.000 48 unit 50.000.000 45 unit 52.500.000 45 unit 55.125.000 48 unit 176.500.000
1.04 .1.04.01 .01 . 10 Penyediaan Alat Tulis Kantor; Tersedianya alat tulis kantor 12 bln 93.064.000 12 bln 39.278.500 12 bln 89.564.000 12 bln 93.064.000 12 bln 93.064.000 12 bln 93.064.000 12 bln 408.034.500
1.04 .1.04.01 .01 . 11 Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan; Tersedianya Barang Cetakan dan Penggandaan 12 bln 37.720.000 12 bln 39.120.000 12 bln 56.800.000 12 bln 59.640.000 12 bln 62.622.000 12 bln 65.753.100 12 bln 255.902.000
1.04 .1.04.01 .01 . 12 Penyediaan komponen instalasi listrik /penerangan bangunan kantor Tersedianya komponen listrik kantor 12 bln 16.410.000 12 bln 7.410.000 12 bln 7.780.500 12 bln 8.169.525 12 bln 8.578.001 12 bln 39.770.025
1.04 .1.04.01 .01 . 13 Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor; Jumlah peralatan dan perlengkapan kantor 1 thn 547.510.000 53 unit 97.100.000 53 unit 636.450.000 60 unit 668.272.500 60 unit 701.686.125 60 unit 736.770.431 226 unit 2.651.018.625
1.04 .1.04.01 .01 . 15 Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan; Terbayarnya Rekening Kantor 12 bln 4.260.000 12 bln 10.260.000 12 bln 10.773.000 12 bln 11.311.650 12 bln 11.877.233 12 bln 36.604.650
1.04 .1.04.01 . 01 .16 Penyediaan bahan logistik kantor; Tersedianya bahan logistik Kantor 12 bln 49.135.000 12 bln 51.591.750 12 bln 54.171.338 12 bln 56.879.904 12 bln 154.898.088
1.04 .1.04.01 .01 . 18 Rapat-rapat koordinasi dan  konsultasi keluar daerah; Terlaksananya Rapat rapat koordinasi dan konsultasi keluar daerah 1 thn 747.850.000 69 OK 156.000.000 69 OK 765.000.000 69 OK 803.250.000 69 OK 843.412.500 69 OK 885.583.125 69 OK 3.315.512.500
1.04 .1.04.01 .01 . 19 Penyediaan Jasa Non PNS; Terbayarnya Jasa Tenaga Non PNS 452 org 10.752.350.000 452 OB 3.152.675.000 139 OB 3.219.969.000 139 OB 11.091.150.000 139 OB 3.500.000.000 139 OB 3.600.000.000 139 OB 31.716.144.000
1.04 .1.04.01 .01 . 22 Rapat Koordinasi dalam Daerah. Terlaksanya Rapat Koordinasi dalam Daerah 1 thn 203.250.000 842 OK 126.300.000 1195 OK 122.400.000 1195 OK 122.400.000 1195 OK 122.400.000 1195 OK 122.400.000 1195 OK 696.750.000
Lancarnya Pelaksanaan Tugas Pokok SKPD Meningkatnya kinerja 1.03. 1.03.04 02 Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Tingkat kelengkapan sarana dan prasarana Aparatur 100% 453.150.000 100% 453.150.000 100% 550.000.000 100% 350.000.000 100% 1.456.300.000 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
1.04. 1.04.04 02.03 Pembangunan gedung kantor Jumlah Gedung Kantor Yang Terbangun 2 unit 428.400.000 1 unit 225.000.000 1 unit 225.000.000 4 unit 653.400.000
1.04. 1.04.04 02.05 Pengadaan kendaraan dinas /operasional; Terpenuhinya kendaraan Dinas/operasional 1 unit 203.150.000 1 unit 203.150.000 10 unit 300.000.000 4 unit 100.000.000 16 unit 706.300.000
1.04. 1.04.04 02.22 Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor Gedung / kantor yang dipelihara 1 thn 200.000.000 1 thn 200.000.000 1 thn 200.000.000 1 thn 200.000.000 1 thn 600.000.000
1.04. 1.04.04 02.26 Pemeliharaan rutin/berkala perlengkapan gedung kantor Terpeliharanya perlengkapan gedung kantor 12 bln 50.000.000 12 bln 50.000.000 12 bln 50.000.000 12 bln 50.000.000 12 bln 150.000.000
1.04. 1.04.04 03 Program Peningkatan Disiplin Aparatur Tingkat pelaksanaan disiplin aparatur 100% 34.000.000 100% 25.500.000 100% 34.000.000 100% 34.000.000 100% 34.000.000 100% 34.000.000 100% 161.500.000 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
1.04. 1.04.04 03.05 Pengadaan Pakaian Khusus hari-hari tertentu Jumlah pakaian khusus yang tersedia 100 stel 34.000.000 85 stel 25.500.000 85 stel 34.000.000 85 stel 34.000.000 85 stel 34.000.000 85 stel 34.000.000 100% 161.500.000
1.04. 1.04.04 05 Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Presentase Aparatur yang memenuhi Kompetensi 100% 40.000.000 100% 100% 40.000.000 100% 40.000.000 100% 40.000.000 100% 120.000.000 Disperkimtan Kab Tanah Bumbu
1.04. 1.04.04 05.01 Pendidikan dan Pelatihan Formal Tersedianya biaya kontribusi pendidikan dan pelatihan ASN 8 kali 40.000.000 0 kali 8 kali 40.000.000 8 kali 40.000.000 8 kali 40.000.000 32 kali 120.000.000

 

BAB VII

KINERJA PENYELENGGARAAN BIDANG URUSAN

 

 

  • Indikator Kinerja

Menjadikanalat ukur spesifik secara kuantitatif/kualitatif untuk masukan ,proses , keluaran hasil,manfaat atau dampak tingkat capaian kinerja keberhasilan program dan kegiatan SKPDmaka ditetapkan indikator-indikator kinerja SKPD yang mengacu pada tujuan dan sasaran RPJMD tahun 2016-2021.Adapun indikator kinerja Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan yang mengacu pada tujuan dan sasaran RPJMD Periode 2016-2021dapat dilihat pada tabel  berikut ;

 

 

 

 


Tabel T-C. 28

INDIKATOR KINERJA SKPD YANG MENGACU PADA TUJUAN DAN SASARAN RPJMD

No Indikator Kondisi Kinerja pada awal periode RPJMD Target Capaian Setiap Tahun Kondisi Kinerja pada Akhir Periode RPJMD
Tahun 0 Tahun 1 Tahun 2 Tahun 3 Tahun 4 Tahun 5
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
 

MISI 3: Pengelolaan dan pemanfaatan SDA dan SDE yang berkelanjutan, berwawasan lingkungan serta memperhatikan kearifan lokal untuk menghadirkan

kesejahteraan

 

1 Presentase rumah yang direkonstruksi 100% 100% 100%
2 Persentase kawasan permukiman yang tertata 41,05% 87,37% 93,68% 100%
3 Persentase berkurangnya luasan permukiman kumuh di perkotaan 1.976% 1,896% 1,856% 1,856%
4 Persentase Terbangunnya Rumah Layak Huni 40% 21,87% 21,59% 21,59%
 

MISI 5 : Menyelenggarakan tata Kelola Pemerintahan dan Birokrasi yang baik, efektrif, dan Bersih

 

1 Persentase Tanah Pemda yg bersetipikat 37,38% 48,12% 53,49% 53,49%
2 Persentase Tertanganinya kasus Pertanahan 50% 75% 100% 100%
3 Persentase pemenuhan kebutuhan lahan pemda 89,96% 92,66% 92,74% 92,74%

 

BAB VIII.

PENUTUP

 

Dengan tersusunnya Rencana Strategis Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu 2016-2021, akan menjadi acuan dalam penyusunan Renja SKPD pada tahun berikutnya Renstra juga disusun tidak saja sebagai pedoman dalam perencanaan tahunan tetapi juga dijadikan pedoman dasar dalam evaluasi dan pelaporan pelaksanaan atas kinerja tahunan.

Dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, penyusunan Rencana Strategis Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan ini merupakan langkah awal dalam melakukan pengukuran kinerja. Oleh karena itu efisiensi dan efektifitas implementasi Renstra sangat memerlukan dukungan dari pemerintah kabupaten, stakeholders dan dukungan seluruh komponen organisasi.

Untuk mencapai tujuan dan sasaran Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbudiperlukan dukungan penuh dan upaya maksimal dari seluruh aparatur dengan memperhatikan faktor-faktor.

Kepedulian yang tinggi dari semua jajaran aparatur dalam menjalankan tugas dan fungsi yang dapat memberikan konstribusi terhadap keberhasilan organisasi secara menyeluruh.

  • Peka terhadap perubahan dan perkembangan global yang mempengaruhi tercapainya tujuan organisasi
  • Tim-tim kerja yang ada dilingkungan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahandiharapkan dapat memadukan segala keahlian dan kelebihan personal yang dimiliki secara bersama-sama untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan .
    • Demikian Renstra Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahankabupaten tanah Bumbu ini disusun, Pada akhirnya diharapkan melalui Renstra ini dapat menjembatani tercapailah tujuan SKPD sesuai dengan visi dan Misi Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah tahun 2016-2021 yang telah ditetapkan.

 

                                                                                                                                        KEPALA DINAS,

 

 

 

                                                                                                                           MAHRIYADI NOOR, S.Sos., MA

Pembina utama muda                                                                                                                          Nip. 19660118 198602 1 003

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *